Daftar Software Pengolahan Sistem Informasi Geografis – Ketika terlibat dalam pembuatan sistem informasi geografis atau SIG, Anda memerlukan software yang membantu pengembangannya. Daftar software pengolahan sistem informasi geografis sendiri cukup beragam, ada yang gratis (free open source) dan yang berbayar. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan bujet yang tersedia.

Namun kalau Anda memerlukan rekomendasi, di bawah ini ada lima software SIG gratis beserta masing-masing kelebihannya.

Daftar Software Pengolahan Sistem Informasi Geografis

Berikut adalah daftar software pengolahan sistem informasi geografis untuk Anda

1. QGIS

Software GIS Qgis | sumber : qgis.org

Software GIS Qgis | sumber : qgis.org

Sempat dinamakan Quantum GIS, QGIS merupakan software yang menyediakan aneka fungsi dan tools yang bervariasi. Antara lain untuk penyuntingan dan manipulasi data, pemodelan dan analisis, serta kartografi yang biasanya digunakan untuk pembuatan peta.

Bukan tanpa alasan QGIS masuk daftar software pengolahan sistem informasi geografis. Ada sejumlah keunggulan yang ditawarkan, salah satunya komunitas yang mengembangkan QGIS dan plug in-nya. Jadi, Anda dapat leluasa mengakses aneka fitur tanpa harus mengeluarkan biaya. Komunitas ini pun didukung orang-orang berpengalaman.

Baca: Software GIS Open Source QGIS Penjelasan Fitur Uraian Lengkap

2. gVSIG

Software SIG  gVSIG | Sumber : Wikipedia

Software SIG gVSIG | Sumber : Wikipedia

berikutnya ada gVSIG, sebuah software SIG yang berasal dari Spanyol. Sama seperti QGIS, gVSIG dapat Anda gunakan secara gratis karena tergolong sebagai free open source. Meski demikian, fitur-fitur yang tersedia tak kalah bagus dengan versi berbayar!

Keunggulan yang cukup menonjol dari gVSIG adalah dalam pengolahan sistem tiga dimensi (3D). Bahkan beberapa pengguna software ini mengakui gVSIG mempunyai kelebihan dari segi visualisasi dibandingkan software lainnya. Anda yang memerlukan software SIG dengan fitur 3D pasti akan terbantu saat memakai gVSIG.

3. Whitebox GAT

Software SIG Whitebox GAT | Sumber : Wikipedi

Software SIG Whitebox GAT | Sumber : Wikipedia

Dalam daftar software pengolahan sistem informasi geografis, Whitebox GAT termasuk software yang mempunyai fitur bernama Geospatial Analysis Toolbox. Kemampuannya dalam analisis data geospasial pun membuatnya sering dipakai untuk data geografis.

Diperkenalkan sejak 2009, Whitebox GAT menyediakan tools yang dikembangkan untuk aplikasi hydro-geomorphic (berhubungan dengan morfologi air). Bahkan Anda akan menerima lebih dari 400 tools saat menggunakan Whitebox GAT. Beberapa di antaranya adalah analisis, clip, konversi, manajemen, hingga ekstraksi informasi.

Baca:

4. SAGA GIS

Software SIG Saga GIS | Sumber : Wikipedia

Software SIG Saga GIS | Sumber : Wikipedia

System for Automated Geoscientific Analyses atau SAGA GIS masuk ke daftar software pengolahan sistem informasi geografis disebabkan banyaknya pilihan fungsi untuk analisis. Sebut saja untuk analisis morfometri dan 3D, pemodelan daerah aliran sungai (DAS), dan analisis visibilitas.

SAGA GIS memang belum seunggul software-software sebelumnya, sebab belum bisa digunakan untuk menyajikan data dan membuat peta. Akan tetapi, software ini bersahabat untuk Anda yang tak bisa menemukan fungsi analisis DEM. Sejumlah fungsi yang tersedia pun bisa diakses melalui QGIS dengan mudah.

5. GRASS GIS

Software SIG Grass GIS | Sumber : grass.osgeo.org

Software SIG Grass GIS | Sumber : grass.osgeo.org

Terakhir ada Geographic Resources Analysis Support System atau GRASS GIS. Program dalam daftar software pengolahan sistem informasi geografis tersebut telah dikembangkan para insinyur dari badan kesatuan pertahanan asal Amerika Serikat.

GRASS GIS dikembangkan sebagai alat manajemen darat dan perencanaan lingkungan. Selain itu, tampilannya yang user-friendly dan intuitif memungkinkan Anda memakai semua fiturnya dengan mudah. Pengguna software ini beragam, dari akademisi, konsultan lingkungan, dan pemerintahan (USDA, NASA, USGS).

Kesimpulan

Pengembangan sistem informasi geografi (SIG) akan lebih optimal saat memakai software yang terpercaya. Daftar software pengolahan sistem informasi geografis di atas pun menyediakan berbagai rekomendasi dengan aneka fungsi dan fitur, dari pembuatan peta hingga visualisasi 3D. Meski semuanya free open source, sejumlah fitur bisa digunakan untuk mengolah data hingga memberi hasil yang diharapkan, sehingga Anda bisa membuat laporan akurat.

Ingin mempelajari sistem informasi geografis dengan mudah dan terarah? Bisa mengikuti pelatihan GIS bersama Billion Survey. Ada banyak layanan Billion Survey termasuk mempelajari SIG secara dasar sampai dengan advance.